Pages

Jumat, 27 Mei 2011

AKTIVITAS BELAJAR: KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI

AKTIVITAS BELAJAR: KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI

KENAIKAN PANGKAT PEGAWAI NEGERI

Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri

1. Persyaratan Kenaikan Pangkat Fungsional

1. Untuk Persyaratan Kenaikan Pangkat Fungsional Golongan II (II/a s.d. II/d)
Yang berhak tanda tangan Penilaian Angka Kreditnya dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Minimal Score :
II/a : 25
II/b : 40
II/c : 60
II/d : 60

Lampiran yang dikumpulkan ke Pemerintah Kota Surabaya

* PAK baru harus asli
* PAK lama
* DP-3 dalam masa minimal 2 tahun
* Fotocopy SK terakhir
* Fotocopy Karpeg
* Fotocopy Ijasah terakhir

2. Untuk Persyaratan Kenaikan Pangkat Fungsional Golongan III (III/a s/d III/d)
Yang berhak tanda tangan Penilaian Angka Kreditnya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tingkat I Kota Surabaya.

Minimal Score :
III/a : 100
III/b : 150
III/c : 200
III/d : 300

Lampiran yang dikumpulkan ke Pemerintah Kota Surabaya

* PAK baru harus asli
* PAK lama
* DP-3 dalam masa minimal 2 tahun
* Fotocopy SK terakhir
* Fotocopy Karpeg
* Fotocopy Ijasah terakhir

3. Untuk Persyaratan Kenaikan Pangkat Fungsional Golongan IV (IV/a s/d IVe)
Yang berhak tanda tangan Penilaian Angka Kreditnya dari Dinas Pendidikan Jakarta Pusat.

Minimal Score :
IV/a : 400
IV/b : 550
IV/c : 700
IV/d : 850
IV/e : 1000

Lampiran yang dikumpulkan ke Pemerintah Kota Surabaya

* PAK baru harus asli
* PAK lama
* DP-3 dalam masa minimal 2 tahun
* Fotocopy SK terakhir
* Fotocopy Karpeg
* Fotocopy Ijasah terakhir

2. Persyaratan Kenaikan Pangkat Reguler

* Salinan / Fotocopy sah Kartu Pegawai.
* Surat Pengantar / Usulan dari Pimpinan Instansi.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan dalam Pangkat Terakhir.
* Salinan / Fotocopy sah Daftar Penilaian Prestasi Kerja / DP-3 dalam 2 (dua) tahun terakhir.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Tanda Tamat Belajar / Ijazah / Diploma bagi yang memperoleh peningkatan pendidikan.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) Tingkat atau Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) Diklatpim IV (ADUM) bagi Pegawai Negeri Sipil yang mengusulkan Kenaikan Pangkat ke Pangkat Penata Muda golongan ruang III/a.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) Tingkat II atau Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (STTPL) Diklatpim III (SPAMA) bagi Pegawai Negeri Sipil yang mengusulkan Kenaikan Pangkat ke Pangkat Pembina golongan ruang IV/a.
* Surat Penugasan dipekerjakan / diperbantukan diluar instansi induknya bagi yang tidak menduduki jabatan struktural atau jabatan fungsional tertentu.

3. Persyaratan Kenaikan Pangkat Pilihan PNS yang menduduki Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional tertentu

* Surat Pengantar / Usulan dari Pimpinan Instansi.
* Salinan / Fotocopy sah Kartu Pegawai.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan dalam Pangkat terakhir.
* Salinan / Fotocopy sah Daftar Penilaian Prestasi Kerja / DP-3 dalam 2 (dua) tahun terakhir.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Tanda Tamat Belajar / Ijazah / Diploma bagi yang memperoleh peningkatan pendidikan.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan Pengangkatan Dalam Jabatan Terakhir, Surat Pernyataan Pelantikan dan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas.
* Asli Penetapan Angka Kredit bagi Pegawai Negeri Sipil yang menduduki jabatan fungsional tertentu.


4. Persyaratan Kenaikan Pangkat Pilihan PNS yang memperoleh Surat Tanda Tamat Belajar atau Ijazah / Diploma

* Surat Pengantar / Usulan dari Pimpinan Instansi.
* Salinan / Fotocopy sah Kartu Pegawai.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil.
* Salinan / Fotocopy sah Keputusan dalam Pangkat Terakhir.
* Salinan / Fotocopy sah Daftar Penilaian Prestasi Kerja / DP-3 dalam 1 (satu) tahun terakhir.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Tanda Tamat Belajar / Ijazah / Diploma.
* Asli Penetapan Angka Kredit bagi Pegawai Negeri Sipil yang menduduki jabatan fungsional tertentu.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Keputusan / Perintah bagi PNS yang telah selesai melaksanakan tugas belajar.
* Surat Keterangan dari Atasan tentang Uraian Tugas yang dibebankan kepada PNS yang bersangkutan.
* Salinan / Fotocopy sah Surat Ijin Belajar
* Salinan / Fotocopy sah Penelitian Ijazah (bagi PNS yang memperoleh ijazah karena ijin belajar).
* Salinan / Fotocopy sah Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (bagi PNS yang memperoleh ijazah karena ijin belajar).

Kelengkapan Administrasi Kenaikan Pangkat sebagaimana tersebut di atas dibuat dalam rangkap 3 (tiga).

Kalender

UAS SEJARAH X

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMA ISLAM KARTIKA SURABAYA

KELAS : Xi IPS
I. PILIHLAH SATU JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF
DI DEPAN JAWABAN YANG TERSEDIA!

1. Berikut ini situasi di Eropa yang mempengaruhi kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, yaitu . . . .
a. Jatuhnya kota Konstantinopel
b. Masuknya paham merkantilisme
c. Jatuhnya kota Lisbon ke tangan Spanyol
d. Adanya perang salib
e. Terjadinya revolusi Industri
2. Istilah "Renaissance" dalam sejarah peradaban eropa berarti . . . .
a. Kebangkitan untuk melawan kolonialisme
b. Bersatunya kembali raja-raja kecil di eropa
c. Pembaharuan dalam bidang agama katolik
d. Kelahiran kembali kebuayaan kuno Yunani dan Romawi
e. Kebangkitan semangat nasioalisme
3. Politik ekonomi merkantilisme mempunyai tujuan utama, yaitu . . . .
a. Mencari daerah untuk pemasaran hasil industry
b. Menambah sebanyak mungkin logam mulia
c. Meningkatkan ekspor bahan baku
d. Meningkatkan perdagangan bebas
e. Meningkatkan perdagangan monopoli
4. Orang portugis yang yang berhasil menguasai Malaka tahun 1511 adalah . . . .
a. Alfonso d'Albuquerque d. Columbus
b. Bartholomeus Diaz e. Magelhaens
c. Vasco da Gama
5. Gubernur Jenderal Belanda yang ditugaskan Perancis di Indonesia adalah . . . .
a. Herman Willem Daendels d. Francis Drake
b. Louis Napoleon e. Thomas Stamford Raffles
c. Napoleon Bonaparte
6. Berikut ini ketentuan yang terdapat dalam sistem Landrent, kecuali . . . .
a. Petani harus menyewa tanah meskipun dia adalah pemilik tanah tersebut
b. Harga sewa tanah tergantung kepada kondisi tanah
c. Pembayaran sewa tanah dilakukan dengan uang tunai
d. Bagi yang tidak memiliki tanah dikenakan pajak kepala
e. Daerah-daerah sekitar Parahyangan merupakan daerah wajib tanaman kopi
7. Perkembangan sistem tanam paksa di Indonesia membuat rakyat Indonesia . . . .
a. Mengenal berbagai macam tanaman ekspor
b. Muncul dan berkembangnya politik social
c. Mendapat perhatian dari pemerintah Hindia Belanda
d. Hidup bahagia dari tanaman yang berlimpah
e. Menderita kemiskinan akibat tanam paksa
8. Jenis pendidikan untuk diangkat menjadi pegawai pangreh praja adalah . . . .
a. Hoofdenschool d. Lager Onderwijs
b. Kweekschool e. Hoger Burger School
c. Holland Islands School
9. Nasionalisme dpat dipandang sebagai suatu paham kebangsaan yang diwujudkan dalam . . . .
a. Kesetiaan pada diri sendiri d. Kesetiaan rakyat pada negara
b. Kesetiaan pada orang lain e. Kesetiaan pada daerah sendiri
c. Kesetiaan pada suku sendiri
10. Di bidang kebudyaan, nasionalisme di Asia dan Afrika bertujuan . . . .
a. Melawan dominasi asing dan menegakkan pemerintah sendiri
b. Menuntut perbaikan pemerintah kepada negara penjajah
c. Menghentikan eksploitasi militer negara asing
d. Membuang jauh-jauh kebudayaan asing
e. Menghentikan eksploitasi asing
11. Pergerakan nasional bangsa-bangsa di Asia disebabkan oleh faktor-faktor di bawah ini, kecuali . . . .
a. Timbulnya golongan terpelajar
b. Kejayaan pada masa lampau yang pernah dimiliki
c. Timbulnya kaum borjuis yang mampu membiayai pergerakan
d. Penderitaan dan kesengsaraan akibat penjajahan
e. Pengaruh kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905
12. Hal-hal yang memengaruhi transportasi etnik, kecuali . . . .
a. Adanya perniagaan d. Adanya pengaruh paham baru
b. Adanya peran agama e. Adanya migrasi
c. Adanya peran bahasa
13. Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah . . . .
a. Supaya Jawa bebas Belanda
b. Supaya STOVIA lebih maju
c. Supaya Belanda membebaskan tawanan politik
d. Supaya keberanian rakyat meningkat
e. Memajukan pengajaran ilmu pengetahuan dan seni budaya Indonesia
14. Berikut ini yang tidak termasuk usaha yang dilakukan Muhammadiyah adalah . . . .
a. Mengembalikan ajaran Islam sesuai dengan sunnah
b. Memajukan Ilmu agama islam di kalangan anggotanya
c. Mendirikan lembaga-lembaga sosial dan pendidikan
d. Menentang usaha-usaha penyebaran agama lain
e. Membangun jaringan pergerakan untuk mencapai kemerdekaan
15. Akhir Perang Dunia II di wilayah asia Pasifik ditandai dengan . . . .
a. Dibomnya Horoshima dan Nagasaki
b. Dibomnya pangkalan militer Peral Harbour oleh Jepang
c. Serangan Jepang atas Cina dan Korea
d. Serangan Amerika Serikat atas wilayah Asia
e. Penyerahan kekuasaan dari Belanda kepada Jepang di Kalijati, Subang
16. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang di beberapa daerah beserta para pemimpinnya, adalah . . . .
a. Perlawanan Tasikmalaya oleh K.H. Zaenal Mustofa
b. Perlawanan rakyat Aceh oleh Cut Nyak Dien
c. Pemberontakan Blitar oleh Supriyadi
d. Perlawanan penduduk Indramayu pimpinan Haji Madriyas
e. Perlawanan masyarakat Cot Plieng di Aceh pimpinan Teungku Andul Jalil
17. Berikut ini yang tidak diajarkan dalam materi pendidikan pada zaman Jepang, yaitu . . . .
a. Paham-paham nasionalisme
b. Latihan kemiliteran dan semangat Jepang
c. Bahasa dan sejarah Jepang dengan adat istiadatnya
d. Ilmu bumi ditinjau dari segi geopolitics
e. Olahraga dan nyanyian Jepang
18. Berikut ini merupakan sebab-sebab terjadinya Revolusi Perancis, kecuali . . . .
a. Perbedaan pendapat mengenai tata cara pemungutan dalam Estates General
b. Wibawa raja Perancis yang lemah
c. Ketidakadilan dalam bidang social
d. Munculnya pembaharu
e. Lahirnya Revolusi Amerika
19. Pengaruh yang paling tampak dari Declaration of Independence untuk kehidupan manusia adalah . . . .
a. Kebebasan menentukan kehendak sendiri
b. Bentuk sebuah Negara
c. Kemerdekaan sebuah Negara
d. Himbauan untuk berjuang demi kebebasan
e. Adanya kehendak untuk berdemokrasi
20. Pengaruh keberhasilan revolusi di Eropa mengilhami berkembangnya paham liberalisme di Indonesia yang dikenalkan oleh . . . .
a. Sir Thomas Stamford Raffles d. Ratu Beatrix
b. Willem Daendels e. Karl Marx
c. Napoleon Bonaparte

II. ISILAH TITIK-TITIK DI BAWAH INI DENGAN BENAR!

21. Lahirnya pergerakan nasional di Indonesia karena . . . .
22. Organisasi nasional yang pertama kali didirikan oleh para cendekiawan nasionalis Indonesia adalah . . . .
23. Faktor politik yang mendukung Inggris menjadi pelopor Revolusi Industri . . . .
24. Revolusi industri di Inggris berdampak pada bidang sosial yaitu . . . .
25. Dampak Revolusi Industri dalam bidang teknologi adalah . . . .
26. Latar belakang kedatangan orang-orang Eropa ke Dunia Timur adalah semboyan . . . .
27. Kolonialisme adalah . . . .
28. Tokoh emansipasi wanita dari Jawa Barat adalah . . . .
29. Latar belakang berkembangnya nasionalisme di Indonesia adalah . . . .
30. Ciri organisasi yang bersifat nasional adalah . . . .

III. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!

31. Mengapa lahirnya Budi Utomo dianggap sebagai tonggak lahirnya kebangkitan nasional?
32. Sebutkan 3 latar belakang awal kedatangan Jepang, rakyat dan para tokoh nasionalis menyambut baik dan melakukan kerja sama dengan pihak Jepang?
33. Bagaimana pengaruh pemikiran yang dihasilkan Revolusi Perancis terhadap pergerakan kemerdekaan Indonesia?
34. Jelaskan pengertian Revolusi Industri!
35. Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan munculnya Revolusi Industri di Inggris!

NASKAH UAS SEJARAH KLS XI IPS

ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
SMA ISLAM KARTIKA SURABAYA

KELAS : X
I. PILIHLAH SATU JAWABAN YANG BENAR DENGAN MEMBERI TANDA SILANG (X) PADA HURUF
DI DEPAN JAWABAN YANG TERSEDIA!
1. Manusia purba pertama yang dapat memanfaatkan api adalah . . . .
a.Pithencanthropus Erectus d. Homo Wajakensis
b.Meganthropus Javanicus e. Homo Sapiens
c.Homo Soloensis
2. Meganthropus Paleojavanicus ditemukan di Sangiran sekitar tahun 1936 - 1941 oleh . . . .
a.Dr. Teuku Jacob d. Von Reitscoten
b.Von Koenigswald e. Dr. Leakey
c.Eugene Dubois
3. Perubahan pola mendapatkan makanan secara drastis dari food gathering ke food
producing terjadi pada . . . .
a.Zaman paleolithikum d. Zaman neolithikum
b.Zaman mesolithikum e. Zaman perunggu
c.Zaman megalithikum
4. Perbedaan antara zaman prasejarah dengan zaman sejarah terletak pada . . . .
a.Peninggalan perkakas d. Cara memperoleh makanan
b.Peninggalan tulisan e. Fosil tengkorak yang ditemukan
c.Peninggalan alat pemujaan
5. Tindakan manusia purba dari mencari makan dengan cara-cara yang menghasilkan
makan disebut . . . .
a.Food gathering d. Mencari
b.Menciptakan e. Meramu
c.Food producing
6. Tulisan yang dihasilkan oleh bangsa pendukung kebudayaan lembah sungai Indus
adalah . . .
a.Pallawa d. Piktograf
b.Kanji e. Sanskerta
c.Hieroglif
7. Di bawah ini yang bukan merupakan fungsi tembok-tembok raksasa di Cina adalah . . . .
a.Menahan serangan dari bangsa Bar-bar
b.Menjaga keamanan rakyat
c.Menjaga bangsa Cina dari serangan luar
d.Agar dunia mengakui kehebatan bangsa Cina
e.Untuk menjaga ketentraman rakyat Cina
8. Suku bangsa di Indonesia yang merupakan sisa-sisa bangsa Deutro Melayu adalah . . . .
a.Suku Dayak d. Suku Jawa
b.Suku Toraja e. Suku Negrito
c.Suku Asmat
9. Nenek moyang bangsa Indonesia yang berasal dari Yunan datang pertama kali ke
wilayah Indonesia sekitar tahun 2000 SM, bangsa ini disebut . . . .
a.Proto Melayu d. Austronesia
b.Mongoloid e. Melanesoid
c.Deutro Melayu
10.Nenek moyang bangsa Indonesia mampu mencapai nusantara dengan menggunakan alat
transportasi yang berupa . . . .
a.Kereta api d. Perahu bercadik
b.Gajah e. Pesawat
c.Kuda
11.Manfaat adanya hubungan pelayaran antara India Selatan dengan Indonesia adalah . . . .
a.Memperlambat proses hinduisasi
b.Mempercepat asimilasi politik
c.Menyebabkan kebudayaan Hindu masuk ke Indonesia
d.Mendorong transmigrasi ke Indonesia
e.Mendorong sinkretisme agama
12.Ciri utama dari zaman perundagian adalah . . . .
a.Banyak yang bercocok tanam
b.Mengenal dewa-dewa
c.Sudah berdiri pasar untuk perdagangan
d.Belum ada sistem pembagian kerja
e.Sudah dikenal cara pembuatan logam
13.Alat-alat yang dihasilkan pada zaman logam adalah . . . .
a.Nekara d. Dolmen
b.Chopper e. Kapak lonjong
c.Menhir
14.Bahan utama pembuatan alat-alat pada zaman logam di Indonesia adalah . . . .
a.Kuningan dan tembaga d. Perak dan tembaga
b.Tanah dan aluminium e. Besi dan perunggu
c.Tembaga dan besi
15.Salah satu bukti pengaruh kebudayaan Cina terhadap kehidupan bangsa Indonesia
adalah . . . .
a.Makanan Indonesia banyak yang berasal dari Cina
b.Adanya istilah jabar dan jeer
c.Relief pada makam Sultan Malik As Saleh
d.Adanya budaya tukar cincin
e.Sistem kenegaraan yang menggunakan sistem demokrasi
16.Beberapa contoh pengaruh peradaban mesir terhadap budaya masyarakat Indonesia,
kecuali . . . .
a.Tulisan Mesir Purba dan menadi tulisan latin
b.Pembakaran menyan dan dupa ketika melakukan upacara
c.Kepercayaan kepada Jalangkung
d.Teknologi bangunan besar seperti piramida, dengan dibangunnya
e.Gelar yang dipakai raja-raja di Samudera Pasai
17.Teori evolusi menyatakan bahwa manusia berasal dari . . . .
a.Evolusi binatang d. Materi yang ada di bumi
b.Kera e. Simpanse
c.Makhluk yang bersel satu
18.Jenis manusia purba yang ditemukan oleh Eguene Dubois dinamakan . . . .
a.Homo Wajakensis d. Homo Soloensis
b.Pithecanthropus Erectus e. Homo Sapiens
c.Meganthropus Paleojavanicus
19.Untuk membedakan apakah Pithecnthropus itu fosil manusia atau kera dengan cara
membedakan . . . .
a.Tulang geraham d. Bentuk tubuh
b.Volume otak e. Tulang badan
c.Tulang tengkorak
20.Menurut teori Nusantara nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari . . . .
a.Yunani d. Eropa
b.Nusantara e. Australia
c.Afrika

II. ISILAH TITIK-TITIK DI BAWAH INI DENGAN BENAR!

21.Penemuan fosil manusia purba biasanya tidak lengkap, tetapi para ahli dapat
menggambarkan bentuk manusia purba dengan cara . . . .
22.Pithecanthropus Erectus menurut Eguene Dubois merupakan jenis makhluk antara
manusia dan kera karena . . . .
23.Menurut Kern dan Heine Geldem, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari . . . .
24.Sistem kepercayaan masyarakat pada zaman perundagian adalah . . . .
25.Kebudayaan yang dihasilkan oleh masyarakat masa bercocok tanam adalah . . . .
26.Manusia purba yang pernah ditemukan di Ngandong-Lembah Sungai Bengawan Solo
adalah . . . .
27.Pengertian totemisme adalah . . . .
28.Kebudayaan Dong Son adalah . . . .
29.Manusia purba yang ditemukan pada lapisan pleistosen tengah adalah . . . .
30.Tokoh yang mencetuskan Teori bahwa manusia berasal dari kera adalah . . . .

III. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI!

31.Buatlah bagan periodisasi sejarah berdasarkan peninggalan benda-benda purbakala!
32.Jelaskan kegunaan benda-benda di bawah ini oleh masyarakat purba!
33.Sebutkan 4 pengaruh peradaban Lembah Sungai Indus terhadap kebudayaan dan aspek
kehidupan bangsa Indonesia!
34.Sebutkan 3 hasil kebudayaan yang dilakukan oleh Homo Wajakensis!
35.Jelaskan 2 perbedaan bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu!

Senin, 23 Mei 2011

Contoh rpp dan silabus berkarakter

sumber: http://oemaherpepe.wordpress.com/category/rpp-dan-silabus-berkarakter-sdmi/

Contoh RPP KARAKTER SD Tematik kelas 1


Mei 23, 2011 oleh sunaji

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMA : DIRI SENDIRI

Sekolah : SDN Kedungdoro III/308.
Mata Pelajaran : PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS
Kelas : 1 (satu)
Semester : 1 (satu)
Waktu : 3 minggu

A. STANDAR KOMPETENSI

1. PKn : 1 Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
2. Bahasa Indonesia
a. Mendengarkan : 1 Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
b. Berbicara : 2 Mengungkapkan fikiran, perasaan dan intonasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan
fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
c. Membaca : 3 Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
d. Menulis : 4 Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan,mencontoh,
melengkapi dan menyalin.
3. Matematika : 1 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
20
4. IPA : 2 Mengenal anggota tubuh dan kegunaanya serta cara
perawatannya.
5. IPS : 1 Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.

B. Kompetensi Dasar
1. PKn
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
2. Bahasa Indonesia
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa.
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
2.3 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan
kalimat sederhana.
3. Matematika
1.1 Membilang banyak benda.
1.2 Mengurutkan banyak benda.
1.3 Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
4. IPA
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaanya serta cara perawatannya.
5. IPS
1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga dan kerabat.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. PKn
1) Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara laki-laki dan
perempuan.
2) Siswa dapat menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
3) Siswa dapat menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan
perempuan.
2. Bahasa Indonesia
1) Siswa dapat mencocokan gambar dengan informasi.
2) Siswa dapat mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
3) Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
4) Siswa dapat menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat
sederhana dan santun.
5) Siswa dapat menyebutkan warna, bentuk dan permukaan benda.
3. Matematika
1) Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
2) Siswa dapat membandingkan 2 kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan
lebih sedikit.
3) Siswa dapat membilang banyak benda.
4) Siswa dapat membaca dan menulis lambang bilangan.
5) Siswa dapat mengurutkan banyak benda dari yang sedikit ke benda yang terbanyak.
6) Siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari
yang terkecil.
7) Siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari
yang terbesar.
8) Siswa dapat membilang loncat, 2, 3, dan 4.
9) Siswa dapat mengelompokkan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.
4. IPA
1) Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh (mata, hidung, dll)
2) Siswa dapat menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
3) Siswa dapat menunjukkan cara merawat tubuh.
4) Siswa dapat membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
5. IPS
1) Siswa dapat menyebutkan nama lengkap dan panggilan beserta usia.
2) Siswa dapat menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah.
3) Siswa dapat menyebukan nama ayah, ibu serta anggota keluarga yang tinggal di
rumah.

D. MATERI BELAJAR
1. PKn : Hidup rukun dalam perbedaan.
2. Bahasa Indonesia : - Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
- Memperkenalkan diri.
- Gambar, lingkaran bentuk huruf.
3. Matematika : - Operasi hitung bilangan
- Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang
didengar
4. IPA : Bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
5. IPS : Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.

E. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : – Ceramah
- Tanya jawab
2. Model Pembelajaran : - Demonstrasi.
- Pemberian tugas.

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 : PKn
1. Pendahuluan : (10 menit)
a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

2. Kegiatan Inti : (50 menit)
a. Eksplorasi
1. Guru memberi penjelasan ciri-ciri fisik perbedaan antara laki-laki dan
perempuan.
2. Guru memberi penjelasan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
3. Guru melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

b. Elaborasi
1. Siswa mengamati ciri-ciri fisik perbedaan antara laki-laki dan perempuan.
2. Siswa menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
3. Siswa bertanya tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

c. Konfirmasi
1. Guru memberi penghargaan pada siswa yang sudah bisa membedakan ciri-ciri
fisik laki-laki dan perempuan.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum dipahami.
3. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

3. Penutup (10 menit)
a. Penilaian
b. Refleksi
Pertemuan 2 : PKn

E. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah bervariasi
- Demonstrasi
- Tanyajawab
- Pemberian tugas

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan :(10 menit)

a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

2. Kegiatan Inti : (50 menit)

a. Eksplorasi
1. Guru menyebutkan nama teman yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.
2. Guru memberi contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh laki-laki maupun
perempuan yang berbeda agama.
3. Guru mengambil kesimpulan bahwa hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan
sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun
perempuan sebagai kodrat.

b. Elaborasi
1. Siswa menyebutkan nama-nama teman yang berjenis kelamin laki-laki dan
perempuan.
2. Siswa memberikan contoh kegiatan anak laki-laki dan perempuan yang berbeda
agama.
3. Siswa bisa mengerti bahwa bahwa hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan
sama, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh laki-laki maupun
perempuan sebagai kodrat.

c. Konfirmasi
1. Guru memberi penghargaan pada siswa yang sudah bisa menyebutkan nama-nama
teman laki-laki dan perempuan.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum
dipahami.
3. Guru memberi tugas/ PR.
4. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

3. Penutup : (10 menit)
a. Penilaian
b. Refleksi

Pertemuan 3 : PKn

E. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah bervariasi
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- Pemberian tugas

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Pendahuluan :(10 menit)
a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

2. Kegiatan Inti : (50 menit)
a. Eksplorasi
1.Guru menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan
perempuan.
2.Guru menjelaskan pakaian adat menurut suku bangsa.
3.Guru menjelaskan walaupun berbeda suku bangsa dan agama kita harus hidup rukun

b. Elaborasi
1. Siswa menyebutkan jenis permainan yang untuk anak anak laki-laki dan
perempuan.
2. Siswa menunjukkan beberapa contoh gambar pakaian adat dari berbagai suku
bangsa.
3. Siswa supaya bisa berbicara dengan suku bangsa, mereka menggunakan bahasa
Indonesia.

c. Konfirmasi
1.Guru memberi penghargaan pada siswa yang sudah bisa menyebutkan gambar
pakaian adat dari berbagai suku bangsa.
2.Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum dipahami.
3.Guru memberi tugas/ PR.
4.Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran

3. Penutup: (10 menit)
a. Penilaian
b. Refleksi

Pertemuan 1 : Bahasa Indonesia
Metode
- Ceramah bervariasi
- Demonstrasi
- Tanyajawab
- Pemberian tugas

1. Pendahuluan :(10 menit)
a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

2. Kegiatan Inti : (50 menit)
a. Eksplorasi
1. Guru menyajikan gambar ‘Persiapan pergi ke sekolah’.
2. Guru mengadakan tanya jawab tentang gambar yang disediakan.
3. Guru menugaskan siswa untuk mencocokan gambar.
4. Guru menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu ‘Pergi Belajar’

b. Elaborasi
1. Siswa mendengarkan cerita tentang gambar yang disampaikan guru.
2. Siswa secara bergilir mencocokkan gambar yang disediakan guru.
3. Siswa menyanyikan lagu ‘Pergi Belajar’ bersama secara klasikal

c. Konfirmasi
1. Guru memberi penghargaan pada siswa yang sudah bisa menyebutkan gambar
pakaian adat dari berbagai suku bangsa.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum
dipahami.
3. Guru memberi tugas/ PR.
4. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

3. Penutup :(10 menit)

a. Penilaian
b. Refleksi

Pertemuan 2 : Bahasa Indonesia

E. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah bervariasi
- Demonstrasi
- Tanyajawab
- Pemberian tugas

F.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Pendahuluan : (10 Menit)

a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Apersepsi

2. Kegiatan Inti :(50 menit)
a. Eksplorasi
1. Guru menyajikan/membacakan teks bacaan tentang ‘memperkenalkan diri’.
2. Guru mengadakan tanya jawab tentang isi teks bacaan yang belum dipahami.
3. Guru menugaskan siswa untuk mempekenalkan diri masing-masing.
4. Guru menugaskan siswa untuk menyanyikan lagu ‘Pergi Belajar’

b. Elaborasi
1. Siswa memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan bahasa yang
santun.
2. Siswa secara bergilir memperkenalkan diri.

c. Konfirmasi
1. Guru memberi penghargaan pada siswa yang sudah memperkenalkan diri dengan
bahasa yang santun dengan ucapan bagus.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum
dipahami.
3. Guru memberi tugas/ PR.
4. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.

3. Penutup : (10 menit)
a. Penilaian
b. Refleksi

Pertemuan 3 : Bahasa Indonesia

E. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah bervariasi
- Demonstrasi
- Tanyajawab
- Pemberian tugas

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1. Pendahuluan :(10 menit)
a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

2. Kegiatan Inti :(50 menit)

a. Eksplorasi
1. Guru menyajikan macam-macam warna.
2. Guru menyajikan macam-macam bentuk dan permukaan.
3. Guru mengadakan tanya jawab tentang nama anggota tubuh.
4. Guru menjelaskan kegunaan tiap anggota tubuh.
5. Guru menugaskan siswa untuk menyebutkan kegunaan dari tiap anggota tubuh.

b. Elaborasi
1. Siswa mengamati gambar yang disajikan guru.
2. Siswa secara bergantian menyebutkan nama anggota tubuh.
3. Siswa mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan menjelaskan
kegunaan dari tiap anggota tubuh.

c. Konfirmasi
1. Guru memberi penghargaan pada siswa yang hasilnya baik berupa ucapan.
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum
dipahami.
3. Guru memberi tugas/ PR.
4. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan
pembelajaran.

3. Penutup : (10 menit)
a. Penilaian
b. Refleksi


Pertemuan 4 : Bahasa Indonesia


Metode
- Ceramah bervariasi
- Demonstrasi
- Tanyajawab
- Pemberian tugas

1 Pendahuluan :
a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

10 menit
- Ceramah bervariasi

2 Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi
1. Guru memberi contoh posisi duduk yang benar.
2. Guru memberi contoh cara memegang pensil yang benar.
3. Guru memberi contoh cara menjiplak huruf dan lingkaran dengan posisi duduk yang benar dengan memegang alat tulis yang betul.

b. Elaborasi
1. Siswa duduk di bangku masing-masing dengan posisi duduk yang benar.
2. Siswa mencoba memegang pensil yang benar.
3. Siswa mendemonstrasikan cara lingkaran, huruf a, i di awan
4. Siswa menjiplak huruf lepas a, i dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan benar.

c. Konfirmasi
1. Guru bertanya kepada siswa tentang hal yang telah dipahami dan belum dipahami.
2. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran.

50 menit
- Demonstrasi
- Pemberian tugas

3.Penutup 10 menit
a. Penilaian
b. Refleksi

Pertemuan 5 : Bahasa Indonesia

1 Pendahuluan :10 menit

a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

- Ceramah bervariasi

2 Kegiatan Inti :50 menit

a. Eksplorasi
1. Guru memberi contoh cara menebalkan bentuk huruf lepas a, e, m, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis yang baik.
2. Guru memberi contoh cara membaca huruf yang sudah dipelajari.

b. Elaborasi
1. Siswa menirukan cara menulis bentuk huruf lepas a, e, m, b, d dengan memegang alat tulis dan posisi duduk yang benar.
2. Siswa menebalkan bentuk huruf lepas e, o, m, n, b, d dengan posisi duduk dan memegang alat tulis dengan benar.
3. Siswa membaca huruf yang sudah ditebalkan

c. Konfirmasi
1. Guru memberi penghargaan berupa pujian kepada siswa yang sudah bisa menulis dan membaca dengan benar.
2. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu menebalkan dan membaca dengan benar.
3. Memberi tugas/ PR

- Demonstrasi
- Pemberian

tugas

3.
Penutup 10 menit

a. Penilaian
b. Refleksi

Pertemuan 6 : Bahasa Indonesia

1 Pendahuluan :

a. Merapikan tempat duduk
b. Membahas PR/tugas.
c. Appersepsi

10 menit
- Ceramah bervariasi

2 Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi
1. Guru memberi contoh/ menulis di papan tulis huruf, suku kata dan kata yang mengandung huruf a, i, e, m, b, d dan n, b, d.
2. Guru memberi contoh cara membaca huruf, suku kata dan kata serta kalimat yang ditulis.

b. Elaborasi
1. Siswa menulis/ menyalin huruf, suku kata kata dan kalimat sederhana yang ditulis di papan tulis
2. Siswa membaca huruf, kata dan kalimat ditulis di papan tulis.

c. Konfirmasi
1. Guru memberi bimbingan kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran.
2. Guru memberi tanggapan positif untuk anak yang sudah maju.


50 menit
- Demonstrasi
- Pemberian tugas

3. Penutup 15 menit
a. Penilaian : guru mengadakan ulangan tentang materi yang telah disampaikan.
b. Refleksi


ceramah

Pertemuan 1 : Matematika

1 Pendahuluan :

a. Doa bersama
b. Mengabsen siswa
c. Appersepsi

10 menit
- Ceramah

Tugas

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru menyajikan materi diawali dengan menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”

2. Guru mengadakan tanya jawab tentang banyaknya anggota tubuh seperti mata, telinga, hidung dan lainnya.

3. Selanjutnya guru menanyakan banyaknya benda dan memita untuk membandingkan antara kumpulan benda satu dengan yang lainnya.

b. Elaborasi

1. Siswa membagi dalam dua kelompok bermain.

2. Siswa dalam kelompok mendapat tugas untuk menunjukkan benda dan anggota tubuh, siswa dalam kelompok yang lain menyebutkan banyaknya benda.

3. Dilakukan secara bergantian.

4. Setiap kelompok saling menanggapinya.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan hadiah kejutan kepada kelompok yang terbaik.

2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang kurang paham.

3. Menyimpulkan materi tentang banyaknya benda sesuai dengan jumlahnya.

4. Memberi tugas untuk PR

5. Membimbing siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran sesuai indikator dan KKM yang ditetapkan.


65 menit
- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : lisan

b. Refleksi : tanya jawab


30 menit
Ceramah

Tugas



Pertemuan 2 : Matematika

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

Tugas

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru dan siswa menyanyikan lagu “Pergi ke Sekolah”

2. Guru menanyakan banyaknya benda di sekitar.

3. Guru menanyakan banyaknya benda sesuai dengan kartu bilangan yang ditunjukkan.

b. Elaborasi

1. Siswa dibagi dalam dua kelompok bermain.

2. Siswa berkoordinasi untuk membagi tugas dalam diskusi kelompok.

3. Kelompok mengisi lembar tugas dengan berdiskusi.

4. Secara bergiliran kelompok melaporkan hasilnya.

5. Kelompok lainnya menanggapinya.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan pujian kepada siswa yang kelompoknya terbaik.

2. Guru menanyakan banyaknya benda yang sesuai dengan kartu bilangan.

3. Menyimpulkan materi tentang membilang dan membaca serta menulis lambang bilangan 1-5.

4. Memberikan PR


65 menit
- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : tertulis

b. Refleksi


20 menit
Ceramah

Tugas



Pertemuan 3 : Matematika

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Menyanyikan lagu “Satu-satu” secara bersama

2. Guru menanyakan pada siswa dengan apa mereka ke sekolah dan siapa saja

3. Selanjutnya guru meminta siswa untuk membilang jari-jari tangan secara urut.

b. Elaborasi

1. Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang menghitung secara urut benda yang ditunjuk guru.

2. Kelompok siswa mengamati peragaan siswa lain membilang dan menghitung benda secara urut dengan bimbingan guru.

3. Dengan bimbingan guru, secara berkelompok siswa membilang urut bilangan dari yang terkecil dengan membaca pada peraga yang ada

4. Dilakukan secara bergantian dan kelompok lainnya menanggapinya.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan pujian kepada kelompok yang menjawab benar.

2. Guru menanyakan kepada siswa materi yang baru diterima.

3. Dan memberikan penugasan-penugasan yang berkaitan dengan materi.


65 menit
- Ceramah

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : tertulis

b. Refleksi : pajangan hasil kelompok


30 menit
Ceramah

Tugas



Pertemuan 4 : Matematika

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Penyajian materi diawali dengan menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” bersama-sama.

2. Guru menanyakan urutan bilangan yang ada pada nyanyian tersebut

3. Guru mengarahkan siswa untuk membilang loncat dengan menggunakan peraga.

b. Elaborasi

1. Secara berkelompok siswa mendiskusikan tentang mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar dengan menggunakan kartu angka.

2. Kemudian membilang loncar 2, 3, 4 dengan menggunakan kartu angka.

3. Secara bergiliran siswa melaporkan hasilnya

4. Kelompok lainnya menanggapinya.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan nilai kepada setiap kelompok

2. Menanyakan kepada siswa hal-hal yang kurang paham.

3. Menyimpulkan materi secara bersama.

4. Memberi tugas PR.


60 menit
- Ceramah

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : tertulis

b. Refleksi : tanya jawab


20 menit
Ceramah

Tugas



Pertemuan 5 : Matematika

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru menyajikan materi diawali dengan benda-benda yang ada di kelas.

2. Guru menyiapkan kelereng, gambar dan sedotan

3. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mengelompokkan benda-benda tes.

b. Elaborasi

1. Siswa secara berkelompok mengelmpokkan benda-benda ruang sejenis, seperti kelereng, gambar, dan sedotan menurut besarnya.

2. Dikerjakan secara bergilir.

3. Siswa yang lain mengamati dan menanggapi kelompok yang sedang bermain benda tersebut.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan hadiah kepada kelompok yang terbaik

2. Mengulang materi yang telah disampaikan.

3. Menyimpulkan materi pelajaran dengan siswa.

4. Memberi tugas PR.


65 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : perbuatan

b. Refleksi : tanya jawab


20 menit
Ceramah

Tugas



Pertemuan 6 : Matematika

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru dan siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dan “Balonku”.

2. Menunjuk salah satu siswa untuki menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” disertai dengan menun- jukkan anggota badannya.

b. Elaborasi

1. Siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dan “Balonku”.

2. Siswa bersama-sama membilang, membandingkan, membaca dan mengurutkan banyaknya benda serta membilang loncat-loncat

3. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan harian.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan dorongan pada siswa untuk bersemangat dalam belajar.

2. Memberikan soal-soal ulangan harian.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : tertulis

b. Refleksi : pemajangan hasil ulangan yang terbaik.


20 menit
Ceramah

Tugas

Pertemuan 1 : IPA

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru memperlihatkan gambar anggota tubuh.

2. Guru menyanjikan materi dengan diawali menyanyikan bersama lagu “Dua Mata Saya”

3. Guru mengadakan tanya jawab tentang bagian-bagian tubuh.

b. Elaborasi

1. Siswa mengamati gambar anggota tubuh.

2. Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.

3. Siswa menyebutkan nama-nama anggota tubuh.

4. Siswa menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan benar.

5. Siswa diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan hadiah kepada siswa yang aktif.

2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang kurang dipahami

3. Guru bersama siswa menyimpulkan materi bagian-bagian tubuh.

4. Memberi tugas PR.

5. Membimbing siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator dan KKM yang ditetapkan.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : lisan, tertulis

b. Refleksi : memajangkan hasil kerja siswa


20 menit
Ceramah

Tugas













Pertemuan 2 : IPA

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru memperlihatkan gambar anggota tubuh.

2. Dengan menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” guru mengawali materi pembelajaran.

3. Guru mengadakan tanya jawab tentang kegunaan bagian-bagian tubuh.

b. Elaborasi

1. Siswa mengamati gambar anggota tubuh.

2. Siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.

3. Siswa menjelaskan/ menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh dengan benar.

4. Siswa memberikan contoh gangguan yang dialami bagian-bagian tubuh.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan hadiah kepada siswa yang aktif.

2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang kurang dipahami

3. Guru bersama siswa menyimpulkan materi kegunaan bagian-bagian tubuh dan gangguan-gangguan yang dialami bagian-bagian tubuh.

4. Memberi tugas PR.

5. Membimbing siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator dan KKM yang ditetapkan.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : lisan, tertulis

b. Refleksi : memajangkan hasil kerja siswa


20 menit
Ceramah

Tugas













Pertemuan 3 : IPA

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru memperlihatkan gambar anggota tubuh.

2. Dengan mengawali penyajian materi dengan menyanyikan lagu “Bangun Tidur” bersama.

3. Guru membentuk kelompok tiap kelompok terdiri dari 5-7 siswa untuk berdiskusi.

4. Guru mengadakan tanya jawab tentang cara dan manfaat merawat anggota tubuh.

b. Elaborasi

1. Siswa mengamati gambar anggota tubuh.

2. Siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.

3. Siswa menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati.

4. Siswa berdiskusi secara sederhana manfaat merawat tubuh dan kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.

5. Siswa membiasakan diri untuk merawat anggota tubuh

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan hadiah kepada kelompok yang paling baik.

2. Menanyakan pada siswa hal-hal yang kurang dipahami

3. Guru bersama siswa menyimpulkan materi cara merawat bagian-bagian tubuh dan membiasakannya

4. Memberi tugas PR.

5. Membimbing siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan indikator dan KKM yang ditetapkan.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Demonstrasi

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian : lisan, tertulis

b. Refleksi : memajangkan hasil kerja siswa


20 menit
Ceramah

Tugas



Pertemuan 1 : IPS

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru memberikan contoh alamat rumah dan alamat sekolah.

2. Dengan mengadakan tanya jawab tentang alamat rumah masing-masing.

3. Guru menugaskan siswa untuk menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.

b. Elaborasi

1. Siswa menceritakan tentang alamat rumahnya dan alamat sekolah.

2. Siswa dapat menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.

3. Siswa dapat menjelaskan manfaat mempunyai alamat tempat tinggal.

c. Konfirmasi

1. Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang terbaik.

2. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian

b. Refleksi


20 menit
Tugas



Pertemuan 2 : IPS

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah bervarias

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru menjelaskan tentag identitas diri, keluarga dan kerabat.

2. Guru mengadakan tanya jawab tentang keluarganya.

3. Guru menjelaskan tentang pentingnya identitas diri.

b. Elaborasi

1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri.

2. Siswa menyebutkan identitas diri dan keluarganya masing-masing.

c. Konfirmasi

1. Guru memberi penghargaan kepada kelompok terbaik.

2. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian

b. Refleksi


20 menit
Tugas



Pertemuan 3 : IPS

No


Kegiatan


Waktu


Metode

1
Pendahuluan :

a. Doa bersama

b. Mengabsen siswa

c. Appersepsi


10 menit
- Ceramah bervarias

2
Kegiatan Inti :

a. Eksplorasi

1. Guru mengajukan foto keluarga secara klasikal.

2. Guru menjelaskan tentang hubungan kekerabat-an antara anggota keluarga yang ada di rumah.

3. Guru mengadakan tanya jawab tentang jumlah saudara masing-masing.

b. Elaborasi

1. Siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota keluarganya.

2. Siswa dapat menjelaskan hubungan kerabat antar keluarga.

3. Siswa dapat menjelaskan tentang kerukunan yang harus dijaga dalam keluarganya.

c. Konfirmasi

1. Guru memberi penghargaan pada siswa terbaik

2. Memberi bimbingan khusus kepada siswa yang belum mampu mencapai tujuan pembelajaran.


40 menit
- Ceramah

- Tanya jawab

- Pemberian

tugas

3.
Penutup

a. Penilaian

b. Refleksi


20 menit
Tugas



G. ALAT/ BAHAN/ SUMBER BELAJAR

1. Alat dan Bahan : Gambar, kartu huruf, kartu bilangan, foto keluarga.

2. Sumber Belajar :

a. Tijan, dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Dept Pen.Nas.

b. Surana. 2004. Aku Cinta Bahasa Indonesia Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solo: Tiga Serangkai.

c. Nur Aksin, dkk. 2004. Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar. Klaten: Cempaka Putih.

d. Handayani, dkk. 2004. Sains 1 Untuk Kelas I SD dan MI. Klaten: Sahabat.

e. Saidihardjo. 2006. Cakrawala Pengetahuan Sosial Untuk Kelas 1 SD dan MI. Solo: Tiga Serangkai.

H. PENILAIAN

1. Prosedur : tes akhir : ada

2. Jenis tes : tertulis dan lisan

3. Alat tes : lembar soal tes

4. Skor penilaian : terlampir

5. Soal tes : terlampir

…………….., ……………………………. 20 …

Mengetahui,

Kepala Sekolah SD Guru Kelas 1

( …………………………………… ) ( …………………………………… )

NIP. NIP.

LAMPIRAN



SOAL-SOAL PKn

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b atau c sesuai jawaban yang benar !

1. Teman sekelas yang berjenis kelamin perempuan adalah …

a. wati b. adi c. banu

2. Ciri-ciri anak laki-laki suka bermain …

a. boneka b. baju-bajuan c. bola

3. Anak perempuan suka bermain …

a. boneka b. kelereng c. layangan

4. Kegiatan anak perempuan suka membantu …

a. kakak b. paman c. ibu

5. Anak laki-laki dan perempuan kedudukannya …

a. tinggi laki-laki b. sama c. tinggi perempuan

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !

1. Susi akan pergi ke sekolah

Susi jenis kelaminnya…

2. Ikat pinggang merupakan benda milik …

3. Jepit rambut merupakan benda miliki …

4. Setiap hari anak perempuan kegiatannya …

5. Joni sedang bermain …

SOAL-SOAL BAHASA INDONESIA

A. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b atau c untuk jawaban yang paling tepat !

1. Kata n i n a terdiri dari … huruf

a. 3 b. 4 c. 5

2. Kata b a d u diawali dengan huruf …

a. b b. a c. u

3. ‘Saya suka roti’ jumlah huruf a pada kalimat di atas berjumlah …

a. 2 b. 3 c. 4

4. a - d - m - u

Susunan huruf di atas agar menjadi kata yang bermakna adalah …

a. udam b. adum c. muda

SOAL-SOAL MATEMATIKA

PERTEMUAN 1

Ayo bermain

Berkelompok

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar !

1. Tunjukkan anggota badanmu !

2. Berapakah hidungmu, telinga, mata, tangan, mulut dan kakimu !

3. ini …. ada ….





4. ini …. ada ….




5. ini …. ada ….

PERTEMUAN 2

Menulis

Membilang, membaca dan menulis lambang bilangan

1. ini cangkir ada …

2. ini apel ada …



3. = ….



4. = ….. dibaca ….



5. = ….. dibaca ….



PERTEMUAN 3

Tertulis

Mengurutkan

Urutkan gambar benda di bawah ini dari yang sedikit ke benda yang terbanyak !

1.




2.




3.




Urutkan dari yang terbanyak !

4.








5.






PERTEMUAN 4

Tertulis

Urutkan bilangan di bawah mulai dari yang terendah !

1. 5, 3, 4, 2, 1 = ….

2. 2, 4, 5, 1, 3 = ….

3. 3, 5, 4, 1, 2 = ….

Isilah

4. 2, 4, …., ….,

5. 1, 3, …., ….,





PERTEMUAN 5

Perbuatan

Kelompokkan menurut besarnya !




1.



2.



3.

















PERTEMUAN 6

Tertulis

Ulangan Harian

1. Warnailah benda-benda yang banyaknya 4 !


2. Warnailah benda-benda yang banyaknya 3 !









3. = ….


4. = ….


5. = ….

Pasangkan !



6. 3

7. 5

8. 2

9. 1

10 4



SOAL-SOAL IPA

Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang benar !

1. Ini gambar …

a. mata b. telinga c. lidah

2. Bila kita makan menggunakan …

a. tangan b. menyedihkan c. menyusahkan

3. Membaca menggunakan …

a. rambut b. mata c. perut

4. Mata saya ada …

a. satu b. dua c. tiga

5. Supaya bersih gigi harus …

a. dicuci b. digosok c. dicabut

Isilah titik-titik di bawah ini !

1. Nama saya …

2. Rumah saya di …

3. Adek saya ada …

4. Kakak saya ada …

5. Saya sekolah di …

……………., ……………………………. 20 …

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN Kedungdoro III/308 Guru Kelas 1

PELAKSANAAN Seleksi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Laboran Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tahun 2011 Dalam rangka Seleksi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Laboran Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tahun 2011, maka mengharap kehadiran Saudara pada : Hari : Kamis (Revisi) Tanggal : 26 Mei 2011 (Revisi) Jam : 09.00 – Selesai Tempat : SMP Negeri 12 Surabaya Jalan Ngagel Kebonsari I Surabaya Acara : Tes tulis Seleksi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Laboran Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tahun 2011 Catatan : 1. Membawa Alat Tulis 2. Datang 30 Menit sebelum acara dimulai Demikian atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih

PELAKSANAAN
Seleksi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Laboran Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Tahun 2011
Dalam rangka Seleksi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Laboran Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan  Kota Surabaya Tahun 2011, maka mengharap kehadiran Saudara pada :
Hari
: Kamis (Revisi)
Tanggal : 26 Mei 2011 (Revisi)
Jam : 09.00 – Selesai
Tempat : SMP Negeri 12 Surabaya
Jalan Ngagel Kebonsari I Surabaya
Acara : Tes tulis Seleksi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, Perpustakaan dan Laboran Berprestasi di lingkungan Dinas Pendidikan  Kota Surabaya Tahun 2011
Catatan :
  1. Membawa Alat Tulis
  2. Datang 30 Menit sebelum acara dimulai
                   Demikian atas perhatian dan kerjasamanya disampaikan terima kasih